Text
Belajar dan pembelajaran : untuk mahasiswa dan odsen afkip, guru dan dosen, lembaga pendidikan, dan pejabat pusat pusat yang terkait dengan pendidikan dan pemerhati pendidikan
Belajar juga merupakan proses melihat mengamati dan memahami sesuatu. "Belajar marupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai suatu pola-pola respon yang berupa keterampilan sikap, kebiasaan, kecakapan atau pemahaman Proses belajar terjadi apabila individu dihadapkan pada situasi di mana ia tidak dapat menyesuaikan din dengan cara biasa, atau apabila ia harus mengatasi rintangan-rintangan yang mengganggu kegiatan kegiatan yang diinginkan Proses penyesuain din mengatasi rintangan terjadi secara tidak sadar tanpa pemikiran yang banyak terhadap apa yang dilakukan Dalam hal ini pelajar mencoba melakukan kebiasaan atau tingkah laku yang telah terbentuk hingga ia mencapai respon yang memuaskan Jadi belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang berkesinambungan antara berbagai unsur dan berlangsung seumur hidup yang didorong oleh berbagai aspek seperti motivasi, emosional, sikap dan yang lainnya dan pada akhimya menghasilkan sebuah tingkah laku yang diharapkan Unsur utama dalam belajar adalah individu sebagai peserta belajar, kebutuhan sebagai sumber pendorong, situasi belajar yang memberikan kemungkinan terjadinya kegiatan belajar Belajar bukan hanya untuk mengingat fakta akan tetapi belajar adalah proses berpikir (learning how to think ), yakni proses mengembangkan potensi seluruh otak. baik otak kiri maupun otak kanan Belajar yang hanya cenderung memanfaatkan otak kiri, misalnya memaksa anak untuk berpikir logis dan rasional, akan membuat anak berada dalam posisi kering dan hampa
Tidak tersedia versi lain