Text
Penelitian tindakan kelas strategi menulis proposal, laporan, dan artikel ilmiah
Pengetahuan terhadap Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sangat diperlukan oleh guru profesional karena menyangkut penguasaan kompetensi guru sebagai pendidik, pengembang, peneliti, dan inovator dalam perbaikan pembelajaran. Melalui PTK diharapkan guru akan melakukan perbaikan suasana kelas sehingga tercipta pembelajaran bermutu dan peningkatan hasil belajar sesuai dengan karakteristik siswa dan bidang ilmu yang diajarkan. Isi buku ini telah dirancang secara sederhana agar mudah dipahami dan dipedomani oleh calon peneliti, memuat prinsip dasar penelitian tindakan dan metodologinya, serta langkah penelitian mulai dari penyusunan usulan penelitian, pelaksanaan, dan pelaporan hasil penelitian.
Buku ini terdiri dari empat bab, yakni Bab Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas, Bab II Strategi Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas, Bab III Penulisan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas, dan Bab IV Pengubahan Hasil Penelitian PTK Menjadi Artikel Ilmiah. Dalam buku ini juga disajikan contoh proposal penelitian tindakan kelas dan draf artikel ilmiah yang siap untuk dipublikasikan dalam jurnal nasional dan jurnal ilmiah internasional bereputasi. Dengan demikian, para pembaca dengan mudah dapat mempelajari penelitian tindakan kelas secara tuntas mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan, pelaporan, dan penulisan artikel ilmiah.
Buku ini sangat baik untuk dipergunakan sebagai buku referensi dan pedoman praktis bagi guru, mahasiswa Program Pendidikan, mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan praktisi pendidikan dalam melaksanakan penelitian tindakan. Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan tentang penelitian tindakan kelas, utamanya dalam mempersiapkan usulan penelitian formal, tahapan pelaksanaan dan menyusun laporkan hasil penelitian, serta strategi mempublikasikannya dalam bentuk artikel ilmiah di prosiding seminar dan jurnal ilmiah bereputasi.
Tidak tersedia versi lain