Text
Pendidikan tinggi & intelektualisme : revitalisasi ideologi dan menumbuhkan modal sosial bangsa menghadapi persaingan internasional dan globalisasi
Terma intelektual secara bebas dapat diartikan tentang sikap individualitas bagi para pemikir untuk merespon atas proses kesejarahan yang terjadi. Sedangkan pendidikan merupakan sektor strategis untuk mengembangkan kemampuan suatu bangsa dalam memecahkan masalah. Di dalam pendidikan, ada yang disebut dengan Pendidikan Tinggi (PT) merupakan jenjang paling tinggi pada pendidikan formal dalam proses menghasilkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus sumber daya manusia (SDM) Di dalam Pendidikan Tinggi melekat sebuah predikat yang tinggi pula dalam artian seseorang yang sedang menempuh pendidikan tinggi maka secara otomatis disebut intelektual, seharusnya. Menjadi persoalan ketika kejatidirian tersebut mulai kabur seiring dengan terbukanya kran informasi pasca reformasi. Fra reformasi bangsa Indonesia mendapat warisan masalah yang harus segera dipecahkan yaitu krisis ekonomi dan krisis moral bangsa sehingga menurunkan ketahanan nasional dan daya saing sebagai suatu bangsa
Buku ini membahas tentang pembangunan jati diri bangsa Indonesia Buku ini membahas bagaimana relevansi dunia pendidikan, sebagai institusi yang bertugas mengembangkan kecerdasan dalam proses pembangunan bangsa yang menuntut terciptanya kepandaian kolektif dalam era globalisasi. Disusun dari hasil kontemplasi penulis dengan cara meramu secara eklektik dan dialektik beberapa pemikiran dan teori yang dikembangkan dan dipelajari di PT dan dilengkapi dengan hasil pengalaman penulis. Dikemas dalam bentuk kajian disertai penyusunan konsep rencana tindakan (action plan) dan dibingkai dalam semangat memberdayakan masyarakat yang menghadapi berbagai kendala struktural dan kultural di Indonesia.
Tidak tersedia versi lain