Text
Manajemen komunikasi bisnis
Pemahaman tentang manajemen sangatlah penting, karena sebagian besar kegiatan organisasi/perusahaan pasti bersinggungan dengan aktivitas manajerial. Kegiatan komunikasi bisnis juga tidak dapat dipisahkan dari manajernen. Fungsi-fungsi manajemen dapat ditemukan pada semua kegiatan organisasi/perusahaan.
Komunikasi merupakan unsur penting dalam keberhasilan bisnis. Dalam semua kegiatan bisnis dapat ditemukan aktivitas komunikasi, baik secara internal maupun eksternal, verbal maupun nonverbal; formal ataupun nonformal; dan lisan maupun tulisan. Tanpa komunikasi, bisnis apapun akan mengalami kesulitan dalam men- jalankan aktivitasnya.
Komunikasi bisnis yang efektif merupakan cara karyawan dan manajemen berkomunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi organisasi publik maupun privat dengan mengurangi kesalahan. Komunikasi bisnis mencakup berbagai aspek seperti pemasaran, hubungan masya- rakat, hubungan pelanggan, komunikasi antarbudaya dalam bisnis, dan komunikasi antarpribadi.
Buku ini ditulis untuk menjembatani kebutuhan pembelajaran mata kuliah Komunikasi Bisnis pada program studi Ilmu Komunikasi dan Manajemen. Buku ini dilengkapi dengan kegiatan praktis untuk menerapkan konsep-konsep komunikasi bisnis. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengerjakan tugas-tugas secara individual maupun kelompok. Kegiatan kelompok diupayakan dengan mempraktikkan fungsi-fungsi manajemen, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
Tidak tersedia versi lain