Buku Sistem Penilaian Pembelajaran: Teori dan Praktik ini dapat dibaca oleh setiap kalangan. Penggunaan bahasa dan penulisan yang cukup ringan, membuat bahasan tentang pendidikan dapat dibaca dengan ringan dan mudah dipahami. Tidak hanya memaparkan teori dan hukum-hukum yang dijadikan dasar pelaksanaan pendidikan, buku ini juga memuat contoh-contoh bentuk tes, cara membuat standar evaluasi dan …
PTK merupakan sebuah metode penelitian kualitatif yang mendorong para guru menjadi relektif dalam praktik mengajar. PTK dijadikan salah satu bentuk karya ilmiah yang disyaratkan dalam Penelitian Angka Kredit saat kenaikan pangkat guru. Sebagian besar guru merasa kesulitan saat melakukan PTK, padahal sesungguhnya gampang. Buku ini mengulas bagaimana menysuun PTK mulai dari awal berupa langkah-la…
Pendidikan karakter merupakan pendidikan ikhwal karakter, atau pendidikan yang mengajarkan hakikat karakter dalam ketiga ranah cipta, rasa, dan karsa. Pendidikan karakter berfungsi sebagai pemberi pencerahan atas konsep free will dengan menyeimbangkan konsep determinism dalam praksis pendidikan. Pendidikan harus memberi ruang yang luas kepada peserta didik untuk bebas memilih. Pembahasan men…
Minat siswa terhadap suatu pelajaran sekolah tidak bergantung pada materi pelajaran, tetapi bergantung pada cara guru mengajar. Materi pelajaran yang sulit bisa menjadi menyenangkan apabila disampaikan oleh guru yang menyenangkan. Sebaliknya, materi pelajaran yang sebenarnya mudah bisa menjadi membosankan apabila disampaikan oleh guru yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, seorang guru harus…
Belajar juga merupakan proses melihat mengamati dan memahami sesuatu. "Belajar marupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai suatu pola-pola respon yang berupa keterampilan sikap, kebiasaan, kecakapan atau pemahaman Proses belajar terjadi apabila individu dihadapkan pada situasi di mana ia tidak dapat menyesuaikan din dengan cara biasa, atau apabila ia harus mengatasi rint…
In teachers we trust menyajikan visi yang memukau,menawarkan ide-ide yang praktis bagi para guru dan kepala sekolah yang ingin mengembangkan sebuah sistem edukasi yang ditenagai oleh para guru. Buku ini mengungkap rahasia mengapa para guru Finlandia menduduki status yang terhormat, dan memperlihatkan kerja sistem sekolah yang didasarkan pada rasa percaya.