Text
Manajemen belajar & pembelajaran di sekolah
Proses belajar-mengajar (pembelajaran) adalah upaya secara sistematis yang dilakukan guru untuk mewujudkan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien yang dimulai dan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Kemampuan mengelola pembelajaran merupakan syarat mutlak bagi guru agar terwujud kompetensi profesionalnya Konsekuensinya, guru harus memiliki pemahaman yang utuh dan tepat terhadap konsep belajar dan mengajar Belajar menurut teori behavionstik diartikan sebagai proses perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh seringnya interaksi antara stimulus dan respons Menurut tean behavioristik inti belajar adalah kemampuan seseorang melakuakan respon terhadap stimulus yang datang kepada dirinya
Belajar menurut pandangan teori kognitif diartika proses untuk membangun persepsi seseorang dan sebuah objek yang dilihat Oleh sebab itu belajar menurut teori ini adalah lebih mementingankan proses daripada hasil Belajar menurut pandangan teon konstruktivisme adalah upaya untuk membangun pemahaman atau persepsi atas dasar pengalaman yang dialami siswa oleh sebab itu belajar menurut pandangan teori ini adalah proses untuk memberikan pengalaman nyata bagi siswa Ada toga potensi yang harus diubah melalui belajar yaitu potensi intelektual (kognitif), potensi moral kepribadian (affektif) dan keterampilan mekanik/otot (psikomotorik) Sedangkan mengajar adalah kemampuan mengondisikan situasi yang dapat dijadikan proses belajar bagi siswa Oleh sebab itu mengajar tidak harus terikat ruang/tempat atau waktu Inti mengajar adalah kemampuan guru mendesain situasi dan kondisi yang dapat mendukung praktek belajar siswa secara utuh, tepat dan baik
Tidak tersedia versi lain