Text
PTK penelitian tindakan kelas teori dan aplikasi
PTK PENELITIAN TINPAKAN KELAS APLIKASI TEORI
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) punyai tujuan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran kelas secara berkesinambungan, untuk selanjutnya meningkatkan mutu hasil pembelajaran (intruksional) mengembangkan keterampilan guru, meningkatkan relevansi, meningkatkan efesiensi pengelolaan pembelajaran, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti pada komunitas guru
PTK sendiri baru dikenal di Indonesia pada akhir dekade tahun 1980-an, meskipun PTK sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun 1946 oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin Inti gagasan Kurt Lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin MC Taggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan lainnya
Di dalam bidang pendidikan penelitian ini dapat dilakukan pada skala makro ataupun mikro Dalam skala mikro misalnya dilakukan di dalam kelas pada waktu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (pembelajaran) untuk suatu pokok bahasan tertentu pada suatu mata pelajaran. Pada skala makro misalnya kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) atau School Action Research (SAR)
Buku ini wajib dimiliki oleh guru untuk meningkatkan profesionalitasnya. Buku ini berisi panduan
teori dan praktik tentang bagaimana menyiapkan, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian
tindakan kelas tersebut, berisi Kajian PTK, Proposal PTK. Laporan Hasil PTK, dan Artikel PTK
untuk dipublikasikan pada Jumal Ilmiah ber-ISSN. Buku ini juga dilengkapi dengan CD interaktif.
Tidak tersedia versi lain