Text
Reformasi birokrasi dan good governance
Diperlukan upaya serius untuk mengubah wajah birokrasi kita saat ini. Awal reformasi (1998) hingga saat ini, bukanlah masa yang singkat; namun ibarat raport merah, wajah birokrasi Indonesia masih diwarnal laporan miring berupa sikap arogan birokrat, dan objektifikasi terhadap rakyat yang harusnya menjadi pihak yang justru dilayani dengan baik. Pun demikian dengan tubuh birokrasi; compang-camping karena berbagai macam praktik KKN, suap, dan gratifikasi, serta mentalitas birokrat yang amoral menjadi lampu merah belum tuntasnya pencapaian visi dan misi Reformasi Birokrasi.
Melalui buku ini, Penulis mengajak kita mengecek kembali cita-cita negara dalam mereformasi birokrasi Indonesia yang tertuang dalam berbagai peraturan yang telah ada, mengevaluasi, serta mengupayakan kembali tumbuhnya semangat reformasi demi terwujudnya akuntabilitas, equitas, dan kualitas pelayanan publik. Muaranya tidak lain adalah terciptanya kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Penyusunan yang didasarkan pada trajektori pembahasan sebagaimana dikaji oleh mahasiswa di perguruan tinggi Negeri/Swasta di Indonesia membuat buku ini tepat dibaca oleh mahasiswa yang mengkaji materi dasar reformasi birokrasi dan governance. Para pegiat yang konsen dalam mengawal kinerja birokrasi khususnya dalam sektor layanan publik pun, perlu kiranya merujuk buku ini demi ketajaman analisis mereka.
Tidak tersedia versi lain